Resep Wedang Ronde, Minuman Tradisional Penghangat Tubuh Yang Kaya Manfaat

 

Wedang Ronde adalah minuman tradisional dari Indonesia yang terbuat dari bola-bola tepung beras ketan yang dimasak dalam air gula jahe. Minuman ini biasanya disajikan dalam bentuk hangat dan sangat populer di berbagai daerah di Indonesia, terutama di Jawa.

 

Cara membuat Wedang Ronde umumnya melibatkan langkah-langkah berikut:

 

1.     Membuat bola-bola ketan: Tepung ketan dicampur dengan sedikit air hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk menjadi bola-bola kecil.

 

2.     Membuat air jahe: Jahe segar dipotong tipis-tipis dan direbus dengan air dan gula hingga mendidih. Rasa jahe dan manisnya bisa disesuaikan sesuai selera.

 

3.     Memasak bola-bola ketan: Bola-bola ketan dimasukkan ke dalam air jahe yang sudah mendidih. Mereka akan mengapung di permukaan air dan dimasak hingga mengembang dan matang. Ini biasanya memakan waktu beberapa menit.

 

4.     Menyajikan Wedang Ronde: Setelah bola-bola ketan matang, Wedang Ronde siap disajikan. Biasanya, minuman ini disajikan dalam mangkuk dengan sedikit air jahe dan bola-bola ketan, sehingga memiliki rasa manis dan hangat yang lezat.

 

Selain bola-bola ketan, Wedang Ronde juga sering diberi tambahan seperti kacang tanah, wijen, atau kelapa parut. Minuman ini sering dijual oleh pedagang kaki lima dan merupakan camilan yang populer di Indonesia, terutama saat cuaca dingin atau hujan. Wedang Ronde adalah salah satu contoh minuman tradisional yang memperkaya kekayaan budaya kuliner Indonesia.


Lebih baru Lebih lama