Bir Pletok, Minuman Khas Betawi Yang Kaya Manfaat

 


Selama ini, kita mengenal bir adalah minuman beralkohol yang memabukan. Namun jangan salah, bir yang satu ini bukan hanya non alkohol, namun juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Bir tersebut bernama bir pletok.


Mungkin bagi sebagian orang, masih asing dengan istilah bir pletok. Sebetulnya apa sih bir pletok itu?.


Menurut, Abdul Mutaqin, pemilik merk Bir Pletok Bang Isra, tidak ada yang tahu pasti soal mengapa minuman rempah khas betawi ini disebut  bir pletok. Namun dalam versi yang dituturkan turun temurun dari keluarganya, nama bir pletok diambil dari Bahasa arab yaitu Bir’un yang berarti sumur kehidupan, sedangkan pletok adalah minuman yang waktu masaknya pas diaduk terdengar bunyi pletak pletok. Jadilah minuman ini diberi nama bir pletok.


"Bir pletok itu sebenarnya ada banyak versi penamaannya, kita ambil versi yang kita yakini aja, bir pletok itu diambil dari nama bir'un, artinya sumur kehidupan, bir artinya sumur, sedangkan pletok itu minuman yang waktu masaknya itu pas diaduk ada suara pletak peltok, jadilah bir pletok," kata Abdul Mutaqin.


Sebagai minuman khas betawi, bir pletok memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak berlebihan memang, karena bir lokal ini terbuat dari rempah-rempah khas nusantara seperti Jahe, kayu manis, sereh, pandan wangi, daun jeruk, kapulaga, biji pala, lada hitam, cengkeh hingga kayu secang. Jadi jangan kaget, jika sudah minum bir ini, badan jadi anget dan stamina terasa lebih kuat.


"Di sini kita memakai 13 macam rempah, ada kapulaga juga, semua rempah itu ada manfaatnya masing-masing. Kita udah tau semua manfaatnya," kata Abdul.


Sebagai salah satu pionir bir pletok, Abdul Mutaqin yakin dan bertekad menekuni bisnis Bir Pletok ini. Selain karena misinya untuk terus melestarikan produk dan budaya asli betawi, bisnis bir pletok juga ternyata sangat menjanjikan.


"Kebetulan kita ada di Perkampungan Betawi, potensi untuk mengembangkan produk bir pletok itu lumayan gede, yaudah kita sekalian aja biar bisa berdampak buat ekonomi. Alhamdulillah responnya positif dan banyak juga penikmatnya," ujarnya.


Nah sekarang kita sudah tahu apa itu bir pletok. Jadi jika jalan-jalan ke Jakarta, tidak ada salahnya mencoba bir pletok. Selain membuat badan sehat, dengan mencoba bir pletok, berarti kita juga ikut berpartisipasi dalam melestarikan minuman khas nusantara ini.

 


Lebih baru Lebih lama