"Sroto" Kudapan Lezat Khas Daerah Banyumas Raya, Jawa tengah

 



Sroto Banyumas adalah salah satu hidangan tradisional yang terkenal dari wilayah Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Makanan ini terdiri dari kuah kaldu ayam yang gurih dan daging ayam yang empuk, disajikan dengan berbagai bahan tambahan yang membuatnya semakin lezat. Sroto Banyumas memiliki sejarah panjang dan telah menjadi warisan kuliner yang tak ternilai bagi masyarakat setempat.


Pentingnya bahan-bahan segar dan berkualitas dalam penyajian Sroto Banyumas tidak dapat dipungkiri. Kuah kaldu ayam yang kaya rasa diperoleh dari rebusan ayam dan rempah-rempah tradisional yang diseduh dalam waktu yang cukup lama. Rempah-rempah seperti serai, lengkuas, jahe, dan bawang merah memberikan aroma dan cita rasa khas pada kuahnya. Daging ayam yang digunakan biasanya adalah ayam kampung yang memiliki tekstur yang lebih kenyal dan lezat.


Sroto Banyumas biasanya disajikan dengan nasi putih dan berbagai bahan tambahan yang dapat dipilih sesuai dengan selera masing-masing. Beberapa bahan tambahan yang umumnya digunakan adalah taoge (kecambah kacang hijau), tahu goreng, telur ayam rebus, soun (mi dari tepung kacang hijau), dan irisan daun seledri. Bahan tambahan ini memberikan tekstur dan variasi rasa yang kaya pada hidangan ini.


Selain rasa yang lezat, Sroto Banyumas juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Ayam sebagai bahan utama mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Kuah kaldu ayam juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan sistem pencernaan. Bahan tambahan seperti taoge dan seledri kaya akan serat dan vitamin, sehingga Sroto Banyumas menjadi hidangan yang sehat dan bergizi.


Kelezatan Sroto Banyumas telah menarik perhatian banyak wisatawan kuliner dan pecinta masakan tradisional. Banyak restoran dan warung makan di daerah Banyumas dan sekitarnya yang menghidangkan hidangan ini dengan citarasa autentik. Beberapa tempat bahkan telah menjadikan Sroto Banyumas sebagai menu andalan mereka.


Sroto Banyumas bukan hanya sekadar hidangan, tetapi juga mewakili kekayaan budaya dan kearifan lokal. Hidangan ini terus dilestarikan oleh generasi masyarakat Banyumas sebagai salah satu warisan yang harus dijaga. Para penjual Sroto Banyumas yang telah mewarisi resep turun temurun juga berperan penting dalam menjaga keaslian rasa dan pengalaman menyantap hidangan ini.


Dalam sebuah mangkuk Sroto Banyumas, kita dapat menikmati kelezatan rasa tradisional yang tahan banting. Hidangan ini mencerminkan keragaman kuliner Indonesia dan kecintaan kita terhadap masakan warisan nenek moyang. Sroto Banyumas adalah bukti bahwa tradisi kuliner dapat bertahan dan tetap populer dalam era modern ini.

Lebih baru Lebih lama