Putu Mayang, Kue Cantik dan Unik Yang Instagramable


 

Kue Putu Mayang, makanan tradisional yang sudah jarang ditemukan, kini kembali meraih sorotan di dunia kuliner. Terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung beras dan air kelapa, kue ini memiliki cita rasa yang unik dan mengundang kenangan manis tentang masa lalu. Dalam beberapa tahun terakhir, kue Putu Mayang telah mengalami kebangkitan dalam popularitasnya, menarik perhatian pecinta kuliner dari berbagai kalangan.

 

Rahasia Kecantikan Kue Putu Mayang


Kue Putu Mayang memiliki bentuk seperti mie kuning dengan tekstur kenyal dan lembut. Keunikan kue ini terletak pada proses pembuatannya. Pertama, tepung beras diaduk dengan air kelapa segar hingga menjadi adonan yang kental. Kemudian, adonan ini dimasukkan ke dalam cetakan khusus yang berlubang, mirip dengan cetakan mie.


Setelah itu, cetakan tersebut diletakkan di atas panci yang berisi air mendidih. Uap air memasuki lubang-lubang cetakan dan memasak adonan tepung beras hingga matang. Kue yang telah matang diambil dari cetakan dan disajikan dengan taburan kelapa parut yang telah dicampur dengan gula merah cair. Kue Putu Mayang siap untuk dinikmati!

 

Kembali ke Akar Tradisional

 

Meskipun kue ini populer di banyak wilayah di Indonesia dan negara-negara tetangga, popularitasnya sempat menurun seiring dengan munculnya kuliner modern dan makanan cepat saji. Namun, beberapa tahun terakhir ini, ada tren kuat di kalangan masyarakat yang ingin kembali ke akar tradisional dan mengenang cita rasa lezat yang menghangatkan hati.

 

Dilirik sebagai Kudapan Unik dan Instagramable

 

Selain rasa autentiknya, kue Putu Mayang juga menarik perhatian generasi muda yang senang berfoto dan berbagi di media sosial. Bentuknya yang unik dan cantik dengan taburan kelapa berwarna merah muda dari gula merah, membuatnya menjadi kudapan yang sangat Instagramable.

 

 Peluang Bisnis dan Pelestarian Budaya

 

Dengan kebangkitan kembali kue Putu Mayang, muncul juga peluang bisnis bagi para pengusaha kuliner. Berbagai kedai tradisional dan restoran mulai menawarkan kue ini di daftar menu mereka untuk menarik perhatian pengunjung yang mencari pengalaman kuliner yang berbeda.

 

Di sisi lain, kembali populernya kue Putu Mayang membawa manfaat bagi pelestarian budaya. Kue ini mengingatkan orang-orang akan pentingnya menjaga warisan kuliner tradisional agar tetap hidup di tengah arus globalisasi dan modernisasi.

 

Jadi, tunggu apa lagi?

 

Jika Anda belum pernah mencicipi kue Putu Mayang, inilah saat yang tepat untuk menemukan kelezatannya. Nikmati sensasi nostalgia dalam setiap gigitan dan bagikan momen kuliner yang berkesan di media sosial Anda. Mari bersama-sama merayakan keindahan kuliner tradisional yang tak tergantikan ini dan ikut serta dalam upaya pelestariannya bagi generasi mendatang. Selamat menikmati!

Lebih baru Lebih lama