Menikmati Dodol Amurung, Varian Dodol Khas Kota Tomohon, Sulawesi Utara


 

Tomohon, sebuah kota kecil yang terletak di daerah Sulawesi Utara, Indonesia, dikenal dengan kekayaan tradisi kuliner khasnya. Salah satu makanan manis yang menjadi kebanggaan kota ini adalah "Dodol Amurung," sebuah varian dodol yang unik dan menggugah selera.

 

Dodol Amurung merupakan perpaduan rasa yang menggoda antara kelapa, gula aren, dan tepung beras atau ketan. Sesuai dengan tradisi kuliner Tomohon, makanan ini sering dihidangkan dalam berbagai acara perayaan dan menjadi camilan favorit di antara warga setempat.

 

Dibuat dengan cinta dan ketelitian, proses pembuatan Dodol Amurung membutuhkan keahlian khusus yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Para perajin lokal dengan penuh keahlian mencampurkan kelapa parut dengan gula aren berkualitas tinggi. Selanjutnya, campuran ini dimasak secara perlahan di atas api hingga mencapai konsistensi yang sempurna. Tepung beras atau ketan kemudian ditambahkan untuk memberikan tekstur yang kenyal, menjadikan dodol ini begitu nikmat saat dinikmati.

 

Dodol Amurung khas Tomohon telah menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Bukan hanya rasanya yang lezat, tetapi juga nilai budayanya yang tinggi, menjadi magnet bagi pecinta kuliner yang ingin merasakan kearifan lokal.

 

Sebagai bagian dari upaya melestarikan kekayaan kuliner khas daerah ini, Pemerintah Kota Tomohon berencana untuk mengadakan festival kuliner tahunan yang menampilkan Dodol Amurung dan hidangan tradisional lainnya. Festival ini diharapkan akan semakin memperkenalkan Dodol Amurung ke tingkat nasional dan internasional serta membantu mengangkat potensi pariwisata Tomohon.

 

Bagi para pecinta makanan tradisional dan penikmat kuliner, Dodol Amurung khas Tomohon adalah must-try saat berkunjung ke daerah ini. Dengan cita rasa manis yang menggoda dan sejarahnya yang kaya, Dodol Amurung membawa sensasi tak terlupakan dalam setiap gigitannya.

 

Lebih baru Lebih lama