Kuah Bilek U, Kudapan Lezat Berbahan Dasar Daun Kelor Dan Rempah Khas Aceh



 

Kuah Pliek U adalah sebuah hidangan khas dari Aceh, Indonesia. Pliek U sendiri merupakan sebutan untuk daun kelor dalam bahasa Aceh. Kuah Pliek U adalah kuah khas yang terbuat dari bumbu rempah-rempah dan santan kelapa yang dimasak dengan menggunakan daun kelor sebagai salah satu bahan utamanya.

 

Bumbu-bumbu yang umum digunakan dalam kuah Pliek U antara lain cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai, kemiri, kunyit, dan rempah-rempah lainnya. Semua bumbu tersebut dihaluskan atau diulek menjadi pasta dan kemudian dimasak dengan santan kelapa untuk menciptakan kuah yang kaya dan gurih.

 

Biasanya, kuah Pliek U disajikan dengan ikan, seperti ikan tongkol atau ikan tuna, dan ditambahkan dengan sayuran seperti kacang panjang, daun singkong, dan daun kemangi. Kuah ini memiliki rasa pedas dan rempah yang khas, serta aroma yang harum.

 

Kuah Pliek U sering disajikan dengan nasi putih dan pelengkap lainnya seperti sambal, irisan jeruk nipis, dan kerupuk. Hidangan ini sangat populer di Aceh dan dapat ditemukan di restoran-restoran khas Aceh di Indonesia maupun di luar negeri.


Lebih baru Lebih lama