Agus Budi Gultik Manjakan Lidah Penikmat Kuliner Dengan Harga Murah Meriah

 

Ade Herwan, Karyawan Agus Budi Gultik di Blok M Plaza

Kawasan Blok M tidak hanya terkenal jualan beragam jenis pakaian dan perabot rumah tangga, tetapi  juga terkenal dengan suguhan beragam jensi kuliner tradisional  yang memanjakan  lidah pecinta kuliner nusantara.


Salah satu kuliner yang menjadi legenda adalah Gulai Tikungan atau Gultik. Disebut Gulai Tikungan karena tempat jualnya berada  di Tikungan, tepatnya Belakang Blok M Plaza.


Ada beragam Gultik yang menjaja dagangan di tempat tersebut. Salah satunya  adalah Gultik milik Agus Budi yang melegenda.


Untuk membedakan dengan jenis Gultik lain, Agus Budi Gultik memajang tulisan  di spanduk yang dipasang berdiri: ABG  (Agus Budi Gultik) Blok M Plaza. Tulisan ABG ini memang sengaja didesain untuk memudahkan  ingatan pengunjung yang datang ke kawasan kuliner tersebut.


Agus Budi Gultik (ABG)  sudah menjadi makanan ikonik di Jakarta Selatan. Makanan yang berasal dari Solo,   Jawa Tengah ini, menjadi  kuliner kaki lima ternama di perempatan Mahakam, Blok M, Bulungan dan sekitarnya.


Ade Hermawan, salah satu  karyawan ABG, mengakui Gultik tersebut sudah memasuki generasi kedua. Orangtua Agus sudah memulai usaha Gultik itu di kawasan Blok M Plaza sejak tahun 1990-an.


Menurut Ade, hidangan Gultik ABG unik, terutama karena rempah dan bumbunya lebih terasa. Selain itu, ABG juga menjual Gultik dengan porsi yang minimalis. Harga satu porsi Rp 10.000.  Rata-rata pencinta kuliner yang datang ke situ membeli satu hingga tiga porsi.


Ade menjelaskan Gultik ABG mulai dibuka jam 16.00. Pengunjung biasanya mulai  berdatangan ke tempat kuliner jalanan tersebut pada pada jam 17.00. Dalam melayani pengunjung, Ade dibantu oleh dua orang.


Menurut Ade, omset harian ABG sebagai sebuah usaha kuliner sangat menjanjikan. “Omset pada hari-hari biasa, sekitar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Tetapi pada weekend atau akhir pekan, omset penjualan lebih besar dibandingkan hari biasa,” tutur Ade Hermawan.

Lebih baru Lebih lama